Pages

Friday, January 20, 2017

Review Buku Critical Eleven



                Buku pertama dari Ika Natassa (@ikanatassa) yang selesai saya lahap hanya dalam 3 hari. Buku ini saya baca diakhir bulan desember kemarin. Sebenarnya saya bukan orang yang suka-suka banget dengan cerita romantis, tapi karena udah banyak banget spoiler kalau bakalan ada upcoming movie dari salah satu aktor jagoan saya yaitu Reza Rahadian & Adinia Wirasti dimana ceritanya di angkat dari buku ini. So, dengan cepat saya beli dan baca buku ini. Dan sekedar informasi buat teman-teman yang belum baca buku karangan Ika Natassa, her books is addicted!! HAHAHA.


Buku CE (Critical Eleven, Red) adalah sebuah cerita fiksi yang ditulis oleh Ika Natassa, dimana baru-baru ini penulis menyampaikan alasan dibalik penulisan karyanya yang satu ini. Untuk alasan lengkapnnya bisa dilihat di IG Ika Natassa (@ikanatassa). Buku ini bercerita tentang pertemuan 2 insan yang belum mengenal satu sama lain di pesawat terbang dalam perjalanan ke Sydney. Sebuah pertemuan yang membawa mereka kedalam kehidupan rumah tangga. Kehidupan romantis, ‘seolah’ sempurna namun berbumbu konflik kehidupan yang dimulai di saat anak pertama mereka dilahirkan dalam keadaan meninggal. Keadaan yang membuat Aldebaran Risjad dan Tanya Baskoro akhirnya hidup dalam pengandaian-pengandaian dalam kemarahan, kesedihan, hampir putus asa.





So, here I am with the review. 

1.       Cover & Judul buku
Cover dari buku ini pesawat terbang dengan judul Critical Eleven. Awalnya sih saya engga paham kenapa diberi judul dan cover seperti itu. Walaupun saya suka traveling dan pergi naik pesawat terbang ternyata ada istilah Critical Eleven dan saya baru tahu (cupuuu yaaa). Critical Eleven sendiri adalah 11 menit paling penting dalam penerbangan yaitu 3 menit setelah take off dan 8 menit sebelum landing. Nah, alasan ini jadi 11 menit terpenting dalam penentuan hubungan antara Aldebaran Risjad (Ale) dan Tanya Baskoro (Anya) yang secara tidak sengaja bertemu, duduk bersebelahan, kenalan dan mengobrol dalam sebuah perjalanan mereka menuju Sydney dengan tujuan berbeda. Saya pikir buku dan judulnya related banget.

2.       Dua pribadi dua sudut pandang
Pembahasan di bab 1, mengisahkan bagaimana mereka berkenalan. Dalam satu pesawat dan interaksi dari dua tokoh utama, Ale dan Anya. Mulai dari bab 2 dst, dua pribadi dengan 2 sudut pandang membahas cara mereka memandang, dari sisi Ale dan sisi Anya. Yang secara tidak langsung membawa pembaca memahami siapa, kapan, mengapa, apa, bagaimana seorang Ale dimata Anya demikian juga sebaliknya. Dijabarkan cukup detail, smart, penasaran ketika tokoh yang sedang bercerita dan diceritakan menggambarkan who they are, berhasil banget bagi pembaca (saya maksudnya) membayangkan how sweet He is (kemudian berlanjut baper), betapa spesialnya Anya buat seorang Aldebaran Risjad. Apalagi waktu membaca buku ini sambil membayangkan bahwa Reza Rahadian sebagai Ale dan Adinia Wirasti sebagai Anya, duhhh pasti keren banget HAHAHA. Buat saya sih ini penting, karena dua tokoh utama dalam cerita ini adalah lawan jenis yah, laki-laki dan perempuan dimana cara pandangnya pasti berbeda.  Ya bisa dibilang belajar memandang sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, seorang laki-laki dan perempuan. Ada hal-hal yang biasa aja buat laki-laki tapi jadi sesuatu yang sensitif buat seorang perempuan. Dan di buku ini, jelas banget diceritain gimana kedua tokoh tadi memandang satu sama lain. 

3.       Alur cerita
Masuk di bab 2 saya sempat bingung. Sempat ada beberapa pertanyaan melintas :
“ Lah Ale dan Anya emang sudah menikah ?”
“ Terus kalau udah menikah, kenapa Anya ngediemin Ale waktu dia pulang kerumah ?”
“ Emang ada peristiwa apa sih ?”
Itu beberapa pertanyaan yang membuat saya engga pengen berhenti hanya di bab 2. Maunya segera sampai ke bab dimana pertanyaan-pertanyaan tadi bisa terjawab. And you know what ?!? Lumayan lama dapet jawabannya loh, kesel !!! HAHAHA. Alur cerita yang dibuat maju dan mundur, bahkan ada bagian dimana mereka ‘seolah-olah’ ada bersama-sama padahal hanya salah satu dari mereka, Ale/Anya saja yang sedang mengulang memikirkan masa-masa kehidupan kebersamaan mereka. 

Ada plot yang diceritakan di NYC, dimana Anya sedang ditugaskan oleh kantornya selama 12 bulan , kalau kata Anya sih tahun terbaik dalam pernikahan mereka. Bisa bersama-sama terus sama Ale. Bagian ini cukup menarik karena lumayan banyak membahas tempat-tempat dan kehidupan di sana. Alur yang maju mundur yang diangkat oleh Ika Natassa cukup berhasil membuat konflik yang terjadi terasa begitu hidup juga berat dan real. From beginning to the end cerita di buku ini dikemas secara apik, rinci dan lagi-lagi terasa hidup! diakhiri dengan kabar bahagia yang pastinya disambut dengan senyuman si pembaca, terus kepengen ada CE part 2 (ngarep).

4.       Adegan Favorit
Kalau ditanya ada atau engga adegan paling favorit di buku ini ? Jawabannya ADA BANYAAKKKK. Salah satu adegan favorit sih waktu dimana Ale pulang kerja dari Rig, dan kembali ke Jakarta untuk beberapa bulan, kehadirannya disambut oleh Anya sang istri tercinta. Tanpa kata, Ale dengan segera memeluk Anya yang berada dihadapannya. Dan Anya Cuma bilang “ Le, kenceng banget meluknya. Aku engga bisa napas” Eh, si Ale makin kenceng aja tuh meluknya HAHAHA. Itu sih romantis bangetttt.
Kenapa yaaa ? Konon katanya sebuah pelukan itu punya arti dan manfaat lho. Sebuah pelukan bisa nambahin umur (lupa nambah berapa umurnya, detikkah/menitkah/jamkah) dan yang pastinya memberikan kebahagiaan

“If you feel so sad, just hug her/him”
“if you feel so sick, just hug her/him”
“if you feel something, just hug”

Waktu Ale akhirnya masuk ke kamar Aidan. "Ale berdiri lama di depan boks bayi itu, memunggungiku. Lalu dia pegang pinggirannya dengan kedua tangan. Makin lama makin kuat. Untuk pertama kali sejak aku bertemu dengannya lima tahun yang lalu, aku melihat Ale menangis." Buat saya awesome banget. Pria yang menangis karena orang yang dikasihinya bukanlah pria lemah tapi pria yang dengan rendah hati mengakui kondisi hatinya dalam titik terendah. I think it is so great!
(lalu mata saya berkaca-kaca)

Mau tau obrolan, adegan manis lainnya silahkan segara baca buku ini dan temukan!

5.       Kenapa harus baca buku CE
Kenapa ?
Pertama : cetakannya aja sudah sampe cetakan yang ke-15 dibulan oktober 2016, yang artinya buku ini populer banget. Biar kamu-kamu ikutan hits, buku ini cocok banget untuk dibaca.
Kedua : Mungkin tidak semua orang suka cerita romantis, sama seperti saya. Tapi buku ini, bercerita kisah romantis yang terkesan engga norak, berhasil membuatmu jadi baper, dikemas secara apik, diceritakan dengan gaya bahasa penulis yang pintar, dan ditutup secara tuntas.
Ketiga :  Buku ini akan diangkat ke layar lebar, di perankan oleh dua aktor yang aktingnya udah engga diragukan lagi. Sebelum buku ini jadi sebuah film, engga salah untuk dibaca duluan lho. Can’t wait to see the Critical Eleven movie. 

Upcoming Movie Critical Eleven (Source Google)

                Engga nyesel baca buku CE malahan nagih baca buku lain hasil karya dari penulis yang satu ini dan nambah semangat untuk mulai nulis lagi.
Selamat membaca.