Wednesday, April 5, 2017

Lombok, Sebuah Paket Lengkap Untukmu yang Ingin Berlibur Sekaligus Merasakan Indahnya Rasa Syukur


               Indonesia dikenal sebagai negeri penuh pesona. Pulau Lombok adalah salah satunya. Lombok menempati peringkat 5 top 10 islands in Asia (sumber : Travel.detik.com edisi 8 September 2016). Jadi  wajib kamu datangi dan bakalan makin jatuh cinta sama Indonesia. Kenal dengan istilah gili ? Gili adalah kepulauan kecil. Di Lombok terdapat 3 gili besar yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Nah, liburan kali ini mampir ke salah satu Gili terbesar dan tempat-tempat lain yang nggak kalah keren.




  1. Gili Kedis
Selain 3 gili terbesar di Lombok. Ada banyak gili yang nggak kalah bagus dan worth it banget untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Gili Kedis. Dari dermaga saya dan rombongan menaiki perahu kecil dengan kapasitas 10 orang. Waktu yang dibutuhkan +/- 30 menit. Gili ini terbilang kecil dan belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pasirnya putih dan masih bersih. Masih banyak batu karang, sehingga kurang cocok untuk snorkeling.


Gili Kedis

  1. Gili Nanggu
Gili lain yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Gili Kedis, hanya +/- 15 menit menggunakan perahu yang sama. Nah, gili ini lebih cocok untuk snorkeling. Pantai yang masih bersih, ukuran gili ini sejauh mata memandang lebih besar dari gili sebelumnya. Suasananya pun lebih ramai. Wisatawan asing dan lokal sudah banyak mampir ke gili ini.


Gili Nanggu

Kalau mau snorkeling, bisa menyewa peralatannya disini. Tapi, alangkah lebih baik jika sudah ikut paket dari tour yang kamu pakai jasanya. Harganya akan jauh lebih murah.


Snorkeling

  1. Gili Trawangan
Ada yang bilang, kalau belum ke Gili Trawangan maka kamu belum sah ke Lombok. Di hari kedua, saya pergi ke Gili Trawangan. Kali ini, menggunakan kapal yang jauh lebih besar untuk menyusuri lautan. Kapasitasnya hampir 100 orang. Biaya per orang untuk naik kapal ini 35K. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit. Waktu itu ombaknya sedang agak besar. Buat kamu-kamu yang suka mabuk laut, lebih baik minum obat anti mabuk atau tidur saat di kapal. Akan sangat mengurangi rasa mual.
Sampai di Gili Trawangan, ternyata rame banget. Suasananya mirip dengan di Legian, Bali. Banyak bule, café dikiri dan kanan jalan. Saking penuhnya, agak sulit untuk berjalan. Mengingat sepeda dan andong yang lalu lalang digunakan para wisatawan menyusuri jalanan.


Gili Trawangan

Kalau kesini, harus banget foto di ayunan yang jadi icon gili ini. Jaraknya lumayan lho. Untuk lebih praktis dan lebih cepat tentunya, kamu bisa menyewa andong (100K resmi atau 150K nembak) atau sepeda 25K/1jam. Gili Trawangan itu indah, tapi terlalu banyak orang sehingga kurang menikmati.


Ayunan Ombak Sunset


Suasana Gili Trawangan


Andong Sewaan

  1. Malimbu Beach
Tempat keren lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Malimbu Beach. Kalau mau main ke pantainya sih agak naik turun. Pada kesempatan kali ini, saya hanya melihat dari atas. Pemandangannya indah, untuk masuk ke pantai ini gratis. Ada beberapa pohon kelapa di tepinya. Tersusun rapih secara natural.


Malimbu Beach

  1. Desa Sasak Sade Lombok
Lombok adalah salah satu penghasil kain Songket. Nah di desa ini lah mereka membuatnya, Desa Sasak Sade. Jumlah Penduduknya sedikit. Hanya beberapa orang dari mereka yang bisa berbahasa Indonesia. Saya berkeliling didesa ini. Lantai rumah mereka masih tanah dengan bentuk yang masih tradisional. Menjual kain songket, pernak-pernik dan kunjungan wisatawan adalah sumber penghasilan mereka.


Desa Sasak Sade


Pengrajin Kain Songket


Rumah Tradisional Desa Sasak Sade

  1. Bukit Merese
Dari atas bukit merese, kamu bisa melihat hamparan danau yang membulat.


Bukit Merese

  1. Villa Hantu Senggigi
Tidak jauh dari bukit merese, bisa sekalian mampir ke Villa Hantu Senggigi. Kenapa diberi nama demikian? Tempat ini adalah sebuah bangunan yang tidak rampung dikerjakan. Warga setempat berinisiatif menjadikannya tempat wisata karena bangunannya cukup baik dijadikan spot photo serta bisa melihat pantai dari atasnya. Jadi bukan karena banyak hantunya yah.


Villa Hantu Senggigi


Dari Atas Villa

  1. Pantai Kuta Lombok
Pertama dengar pantai kuta, saya pikir hanya ada di Bali. Ternyata dengan nama yang sama, pantai ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Lombok. Pasir di pantai ini agak unik. Tidak lembut seperti pasir pada umumnya. Pasirnya lebih menyerupai pecahan-pecahan kecil dari baru karang. Dan semakin dekat kelaut, warnanya semakin gelap.


Pantai Kuta Lombok

                Salah satu makanan khas di Lombok adalah ayam taliwang. Jangan lupa mampir dan menikmati makanan ini. Rasanya enak dan beda dengan yang ada di Jakarta.

Jadi, kapan mau ke Lombok?

Travel is the only thing you buy that makes you richer - Anonymous

No comments:

Post a Comment