Pages

Wednesday, June 14, 2023

Jalan-jalan Santai di Solo

              Beberapa waktu lalu, gue memutuskan jalan-jalan ke Solo. Kalau ditanya kenapa? Nggak ada alasan khusus yang membawa gue memilih kota ini. Karena waktu yang cukup singkat 2D1N dimana hari pertama gue sampe di Solo pukul 20.30 WIB. Berangkat pukul 11.20 WIB dari Stasiun Senen menggunakan kereta api Bangunkarta kelas eksekutif seharga 480K.  


Hari pertama gue di Solo, hanya sempet mampir ke KFC sebelah hotel. Ah, gue menginap semalam di Zest Hotel Parang Raja Solo by Swiss Bell harganya cukup ramah dikantong 280K/malam. Ngomong-ngomong dengan si jagonya ayam yang menjadi santapan malam gue, rasanya agak berbeda dari yang biasa gue makan di Ibu kota. Bedanya itu kurang meresap saja bumbunya, tapi tetap eatable kok, masih dalam kategori enak.

Bermalam di Zest Hotel, dengan fasilitas standar hotel seperti handuk, air minum botol dan amenties tanpa sabun mandi dan shampoo. Well, mungkin kelupaan mengisi ulang hahaha. Untungnya bawa peralatan mandi, jadi no worries.

Source by google

Hari kedua, memulai hari dengan mencari sarapan khas Solo, ya pilihan jatuh pada Selat Solo. Konon katanya tempat makan ini legendaris yang berdiri sejak tahun 1987, namanya Warung Selat Mbak Lies. Kalian bisa mengunjungi tempat ini mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Lokasi tempat ini agak menjorok ke dalam tapi cukup eye catching kok, karena desain dari tempat ini yang unik, cukup meriah dan yang pasti lucu untuk bahan konten sosial media kalian hahaha.

Warung Selat Mbak Lies 1

Warung Selat Mbak Lies 2

Buat kalian pecinta manis, menu ini akan cocok untuk dinikmati sebagai sarapan dengan menu makanan selat-nya dan juga minuman yang beragam. Waktu itu gue menyantap Selat Bestik seharga 25K, es teh tawar 2K, cukup murah, bukan?

Selat Bestik + Es Teh Tawar

Lanjut ke tempat kedua, jam tangan sudah menunjukkan waktunya untuk makan siang. Gue beranjak ke salah satu tempat yang sedang ngetop saat ini. “Siapa tau bisa jadi Sultan setelah makan disini hahaha” Ada yang bisa tebak dimana? Yap, Pracima Tuin. Sebuah restoran yang berada di kawasan Pura Mangkunegaran, dengan desain klasik, elegan dan bersih banget, it’s so pretty.


Pracima Tuin

Pracima Tuin tampak luar

Untuk kalian yang berencana mengunjungi tempat ini wajib reservasi kedatangan beberapa hari sebelumnya ya. Setelah mendapat balasan mengenai waktu reservasi akan dijelaskan beberapa aturan main kedatangan seperti waktu yang diberikan sekitar 1,5 jam dengan pembelian 100K/pax, wajib berpakaian sopan, dilarang memakai sendal jepit dan celana pendek, nggak boleh memakai motif batik lereng/parang, dan ketentuan lainnya.

Tata krama Pracima Tuin

Setelah puas melihat-lihat, sampailah pada pemilihan menu makanan yang sudah diberi tanda jempol a.k.a chef recommendation yaitu Pepes Grameh Kemangi 85K, Sate Pitik 90K, Es Rempah Lemon 30K dan Es Rempah Pracima 30K. Untuk minumannya sueger banget rek! Pas untuk melepas dahaga dari panasnya kota Solo kala itu. Untuk pesanan makanan diatas, ditata dengan ciamik yang bikin terkesima hahaha. Sedangkan dari segi rasa, dengan rasa makanan yang cenderung manis sangat cocok bagi kalian pecinta manis. Tapi bagi pecinta gurih atau pedas, kalian bisa meminta tambahan rawit sebagai pelengkap rasa.

Pepes Grameh Kemangi + Es Rempah Pracima

Sate pitik + Es Rempah Lemon

Kalau kalian ke Solo, jangan lupa mampir ke Restoran ini ya


Bagian dalam Pracima Tuin 1

Bagian dalam Pracima Tuin 2

Setelah perut kenyang, hati senang belum lengkap kalau belum ngopi. Tempat ketiga yang gue kunjungi adalah Kopine Tjap Nyah Lemu. Salah satu coffee shop yang menyediakan berbagai makanan dan tentunya berbagai kopi. Gue memesan Es Karamel dengan kopi medium seharga 38K. Kopinya enak, tapi masih terlalu strong buat gue. Jadi, masih bikin jantung deg-degan. Jika ada kesempatan kesini lagi, bakalan pesen yang light saja.


Kopine Tjap Nyah Lemu


Pintu masuk Kopi Nyah Lemu

Es Kopi Karamel

Selain kopinya yang menarik, tempat ini juga memiliki desain yang unik, rasa peranakan! Terdapat beberapa meja dan kursi saja, dengan ukuran yang tidak terlalu besar, but super cozy place.


Situasi di dalam Kedai  


Thank you Solo, for the nice experience, See you next time.

Bergegas ke stasiun kereta api untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya, Yogyakarta!

Note: Semua harga yang dicantumkan adalah harga ditanggal 9-10 Mei 2023 ya!

 

 Cheers,

Jangan lupa Bahagia, kawans!