Sunday, January 19, 2020

Liburan Jompo di Yogyakarta


“Coba sebutin salah satu kota favorit lo di Indonesia?” Yogyakarta bakalan jadi salah satu jawaban gue. Tahun ini, Yogya masih jadi salah satu tujuan liburan gue. Agak berbeda dari kunjungan yang lalu-lalu, kali ini gue namain liburan jompo. Kenapa?

Selama empat hari tiga malam di kota pelajar ini, gue kebanyakan leha-leha. Nikmatin nyamannya penginapan, nongkrong dan ngobrol sampai dower, nyobain makanan yang belum pernah dicoba. Pokoknya not in a rush deh.




Seru? Seru banget! Boleh dicoba untuk kalian yang udah pernah berkali-kali ke tempat yang sama. Mau bocoran tempat-tempat yang gue kunjungi?

1.       Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung
Ada yang udah pernah nyobain ayam kampung goreng disini? Gue baru pertama kali nyoba. Lokasi rumah makan ini agak jauh dari penginapan. Konon katanya daerah Bantul ini merupakan daerah yang banyak dihuni oleh pekerja seni yang butuh ketenangan. Ya memang benar, daerah ini terasa sunyi, padahal jarum jam ditangan gue masih menunjukkan pukul 5 sore.

Venue ayam mbah cemplung

Ngomong-ngomong soal ayam kampung. First impression ketika menu makanan datang adalah kaget. Gimana nggak, setahu gue ayam kampung itu ukurannya kecil-kecil. Eh tapi yang ada dihadapan gue saat ini guede bener.

Ayam goreng plus tahu dan es teh manis

Untuk masalah rasa, ayam yang digoreng ini gurih dan empuk. Mungkin karena kata ‘cemplung’ yang artinya di tenggelamkan ke dalam bumbu-bumbu rahasia yang menjadikan ayam ini enak dan empuk.

Harga: 35K-37K/ perpotong (tergantung ukuran ayam), Tahu goreng: 10K/porsi (5 pieces)
Alamat: Sendang Semanggi RT No.05 Sembungan Kasihan Bantul Yogyakarta

2.       Lumpia Samijaya
Berlibur ke Yogya belum sah kalau nggak mampir mencicipi nikmatnya Lumpia Samijaya. Walaupun tempatnya bisa dibilang kecil dan kurang nyaman untuk duduk berlama-lama, namun pada kenyataannya warung lumpia ini laris manis. Hanya ada dua jenis lumpia yang dijual
a.       Lumpia Spesial isi sayur, ayam + telur puyuh : 6K/biji
b.      Lumpia Ayam isi sayur + ayam : 5K/biji

Penampakan lumpia ayam

Kabar bahagianya, lo bisa membawa pulang lumpia samijaya sebagai buah tangan. Lo bisa pesen setengah matang via telepon dan diambil ketika sudah matang.

Alamat: Jln. Malioboro Suryatmajan, Kec Danurejan, Yogyakarta

3.       Sop Ayam Pak Min
Kalau jajan lumpia, bisa sekalian makan siang di Sop Ayam Pak Min karena kiosnya sebelahan. Kenapa makan siang? Karena bagian-bagian ayam yang bisa disantap masih lengkap. Setiap porsi sop dibanderol mulai dari 14K-17K tergantung bagian mana yang lo pesan. Oia, harga sop tersebut sudah termasuk nasi putih satu porsi ya. Dijamin perut kenyang dan hati senang.

Alamat: Jln. Malioboro Suryatmajan, Kec Danurejan, Yogyakarta

4.       Kafe Tujuan
Kafe atau tempat nongkrong nampaknya sudah menjadi salah satu tempat wajib untuk dikunjungi. Nah, salah satu kafe yang direkomendasikan adalah Kafe Tujuan. Iya namanya Tujuan, tujuan untuk perut kenyang, hati senang, memanjakan diri sejenak dari kepenatan. Untuk ukuran tempatnya tidak terlalu besar. Kafe ini terbagi menjadi ruang indoor dan outdoor. Waktu gue kesana, kebetulan lagi ada acara ulang tahun anak bule, jadinya gue duduk di outdoor. Kalau lo nggak tahun gerah mendingan duduk di dalam deh biar adem. Kalau nggak bisa bikin make up lo cepet luntur hahaha. Suhu Yogya saat itu lagi panas-panasnya.


Kafe Tujuan

Duduk-duduk santai di Kafe Tujuan

Menu makanan yang dipesan (1)

Menu makanan yang dipesan (2)

Untuk menu makanan dan minuman, masih dalam kategori harga bersahabat kota Yogya. Kopi Aren Tujuan yang gue beli harganya 18K, ice café latte 27K, Nasi Mama Daging 25K, Spicy Salted Fish Aglio E Olio 38K, Three Classic Donuts 12K. All food and drink are  good. Cocok untuk sekedar bersantai, bekerja atau juga ngobrol bareng pasangan. Jangan lupa mampir kalau lo ke Yogya ya!

Alamat: Jln. Tirto No. 17C Mantrijeron Yogyakarta

5.       Angkringan Kopi Jos Lek No
Pernah dengar minum kopi pakai arang? Nah di Angkringan Kopi Jos ini lo bisa mencoba pengalaman itu. Setelah sekian kali ke kota ini, gue baru mencoba sensasi panasnya arang dengan kopi panas. Ya gitu deh haha. Kopi yang diseduh adalah kopi sachet biasa kemudian dimasukan arang panas ke dalam gelas tersebut.

Kedai kopi jos lekno dari tempat lesehannya

Sepanjang jalan ini banyak angkringan kopi jos yang menjajakkan jualannya. Alasan gue milih Kios lek No karena paling banyak orang yang beli. Yang konon katanya makin banyak yang beli, berarti rasanya +1 dari kios lainnya alias lebih mantul.

Selain itu, lo juga bisa menikmati makanan khas angkringan, seperti sate telor puyuh, usus, ati ampela, gorengan tempe, tahu dan lain-lain. Pokoknya kombinasi yang pas dinikmati bersama kopi.

Kopi Jos: 5K
Angkringan : 2-5K
Alamat: Jl. Wongsidirjan Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta

6.       Monumen JogJa Kembali (Monjali)
Adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia  yang ada di kota Yogyakarta dan dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Pada dasarnya gue suka dengan museum atau bangunan bersejarah lainnya. Jadi kunjungan kali ini menyempatkan diri mampir kesana. Namun apa dikata, gue datang kesorean sekitar 17.30 WIB dan museum yang ada dimonumen ini sudah tutup, sehingga hanya bisa explore dihalaman luar sambil mengabadikannya dalam beberapa potret.

Monumen Yogya Kembali

Langkah kaki di Monumen Yogya Kembali

HTM: 20K
Alamat: Jl. Ringroad Utara Jongkang Sariharjo Ngaglik Sleman,Yogyakarta

7.       Studio Alam Gamplong
Adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Gamplong, yang pada awalnya merupakan tempat pengambilan gambar atau tempat syuting film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta dan Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo. Tempat ini diresmikan oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo pada bulan Juli 2018.

Salah satu sudut Studio Alam Gamplong (1)

Salah satu sudut Studio Alam Gamplong (2)

Karena pada dasarnya tempat ini merupakan lokasi syuting, sehingga mulai dari desain, tema dan tata letak disesuaikan dengan kepentingan itu sendiri. Buat kalian yang suka difoto atau mengambil gambar dengan bidikan kamera, tempat ini akan memberikan pengalaman yang baru. Sedangkan untuk lokasinya, agak jauh dari pusat Kota. Perjalanan yang ditempuh akan memakan waktu sekitar 1 jam.

HTM: gratis
Kamera: 30K/kamera (mirror less/DSLR)
Alamat: Gamplong 1, Sumberrahayu, Moyudan Dukuh, Kab Sleman Yogyakarta

8.       Pantai Watu Bolong
Rasanya nggak lengkap kalau berlibur ke Yogyakarta tanpa mampir ke salah satu pantai yang indah di sepanjang Gunung Kidul. Kali ini, gue memilih pantai Watu Bolong yang ditempuh sekitar 2 jam dari pusat kota. Jadi, kalau lo mau kesini ada baiknya sewa mobil karena cukup melelahkan lho. Harga sewa mobil cukup beragam. Kemarin gue memakai salah satu jasa sewa dengan menggunakan mobil berkapasitas 4 orang.

A beautiful Watu Bolong Beach (1)

A beautiful Watu Bolong Beach (2)


Oia, kalau lo tertarik ke pantai ini alangkah baiknya cari tau dulu akses kesananya. Untuk sampai ke Pantai Watu bolong, lo perlu jalan kaki sepanjang +/- 2km dengan jalanan berbatu, jalur naik dan turun. Cukup ngos-ngosan kalau nggak pernah olahraga. Jadi, jangan lupa olahraga biar kuat yah guys!

HTM kawasan Gn Kidul: 5K/orang, 10K/mobil
Sewa mobil: 450K/12 jam (Include: driver + BBM) Karena Gn Kidul termasuk luar kota jadi biaya tambahan 100K.

9.       Candi Plaosan
Mungkin belum banyak orang yang mengetahui candi yang satu ini, Candi Plaosan. Candi ini terletak tidak jauh dari kawasan Candi Prambanan. Seperti candi-candi lain pada umumnya, tempat ini hanya buka dari jam 8.00 – 17.00 WIB. Kalau lo mau berkunjung ke tempat ini bisa diantara jam tersebut dan tidak dikenai biaya hanya menulis nama saja dibuku tamu yang sudah disediakan.

Candi Plaosan (1)

Candi Plaosan (2)

Candi Plaosan (3)

Sunset at Candi Plaosan

Sedikit sejarah mengenai Candi Plaosan ya. Candi Plaosan adalah sebutan untuk komplek percandian yang terletak di dukuh Plaosan. Adanya kemuncak stupa, arca Buddha, serta candi perwara (pendamping/kecil) yang berbentuk stupa menandakan candi tersebut adalah candi Buddha. Komplex ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman kerajaan Medang, yang lebih dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno (Source Wikipedia). Ada sedikit tips nih buat lo, karena tempat ini dianggap sakral, berlaku dan berpakaian sopan ya.

Alamat: Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan Kec Prambanan Klaten, Jawa Tengah.

10.   Move On Café
Pernah dengar nama adalah doa? Nah, istilah ini juga berlaku untuk nama sebuah tempat (mungkin). Sejak kedatangan gue yang pertama ditahun 2017, gue nggak bisa move on dari tempat ini. Sepadat-padatnya jadwal liburan, gue selalu menyempatkan diri buat mampir walau hanya sekedar minum kopi.

Move on cafe (1)

Move on cafe (2)

Bisa dibilang gue pernah mencicipi harga kopi mulai dari 15K sampai 22K (kunjungan kemarin) dan rasanya masih tetap sama. Selain itu, desain tempat yang bertemakan vintage bikin suasana adem aja gitu. Perpaduan warna yang nggak bikin sakit mata haha. Selain itu, kaos si pegawai, bantal sofa, sofa itu sendiri banyak banyak ditulisi kata-kata yang bakalan menghibur lo. Terutama kalau lagi putus cinta.

Harga: 20K ++( drinks), 30K ++ (foods)
Alamat: Jl. Prawitotaman No. 4-10, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Oia, sebelum pada nanya untuk liburan kali ini gue menginap didua tempat, Summerbird B&B dan The Journey Hotel. Both of hotel are so good. Bisa jadi referensi lo untuk penginapan selama liburan di kota pelajar.

Summerbird B&B :342K/room
The Journey Hotel: 301K/room
Lobby The Journey Hotel

Nah, kira-kira lo mau berkunjung kemana aja nih?

Jangan lupa bahagia, kawans!
Cheers.

2 comments:

  1. Kalo menurut gw sih nih kota teramah N dg pembawaan adem, tempat wisata dg keindahan yg ga perlu nguras isi dompet plus bonus bisa dpt cerita manis unt stiap tempatnya.., terkhusus jalanan malam jg santapan malam diiringin musik pengamen jalanan..
    Kebayang nikmat liburan u nang..
    Lbh nikmat lg kl ada s guwe dih sbnernya
    HAHAHAHAHA

    ReplyDelete
  2. Kayanya tempat2 yang di review ibu kristin harus di kunjungin nih. Kota yg manis..mulai dari makanan,warganya,suasananya,terlebih yg review juga manis bgt..��#bahasanyalagimanisjuga

    ReplyDelete